Info Seputar Ibu, Wanita dan keluarga.

Kisah Anak Soleh dan Lembunya (1)

anak soleh dan lembunyaSuatu hari ibunya mengatakan, “Sesungguhnya ayahmu meninggalkan anak lembu untukmu yang dilepaskan di suatu hutan. Carilah lembu itu sambil berdoa kepada Tuhannya Nabi Ibrahim, Nabi Ismail, Nabi Ishaq, dan Nabi Ya”qub supaya Dia mengembalikan anak lembu itu kepadamu. Al-Baghawi menceritakan kepada peserta pengajiannya, di kalangan Bani Israil ada seorang lelaki yang saleh, Ia punya seorang anak kecil dan seekor anak lembu. Menjelang hari kematiannya, lelaki itu melepaskan anak lembu tersebut di suatu hutan seraya berdoa. “Wahai Tuhanku, aku menitipkan anak lembu ini untuk anakku sampai ia besar” Doa lelaki ini dikabulkan oleh Allah SWT. Setelah ia meninggal dunia, anak lembu itu tidak pernah keluar hutan dan selalu menyembunyikan diri agar tidak terlihat orang lain.

Setelah anak itu dewasa, ia membaktikan diri pada ibunya. Ia berkerja mencari kayu bayar untuk kemudian dijual di pasar. Hasil jerih-payahnya itu dibagi tiga, satu bagian untuk sedekah, satu bagian untuk makan, dan yang terakhir untuk ibunya. Ia pun membagi waktu malamnya menjadi tiga, sepertiga malan untuk beribadah, sepertiga lagi untuk tidur, dan sepertiga lagi untuk menunggui ibunya.

Pergilah anak muda itu ke hutan, dan menemukan lembu yang dimaksud. Lalu ia berkata, “Demi Tuhan Nabi Ibrahim, Nabi Ismail, Nabi Ishaq, dan Nabi Ya”qub, tenanglah engkau di situ.”

Lembu yang menghampiri anak muda itu berkata, “Hai anak muda yang bakti pada ibunya,” tegur lembu tersebut. “Naikilah aku supaya ringan bagimu.” Anak berkata, “Sesungguhnya ibuku tidak memerintahkan aku menaikimu, tetapi membawamu pulang.”

“Demi tuhannya Bani Israil,” sumpah lembu tersebut, “Jika engkau menaikiku (berarti tidak mematuhi perintah ibunya), sesungguhnya engkau tidak akan dapat menguasaiku selamanya. Maka berjalanlah engkau, karena sesungguhnya andaikan engkau memerintahkan sebuah gunung berjalan sendiri untuk engkau naiki, niscaya gunung itu akan menurut semata-mata baktimu kepada ibumu.” (bersambung)

( agar bacanya tidak jenuh sementara dipotong dulu ya.. :) silahkan baca kelanjutannya ke Kisah Anak Soleh dan Lembunya (2) )

Incoming search terms for the article:

Artikel Terkait :

-------------------------------

Jika anda belum menemukan info yang tepat pada artikel Kisah Anak Soleh dan Lembunya (1) diatas.

Mungkin beberapa situs lain dibawah ini bisa anda coba. Terima Kasih.

 

air mata menitis ketika mendengar ceramah ustaz don
Ceramah yang cukup menyayat hati. Sama-samalah kita SHARE ini Video untuk tatapan umum
(Selengkapnya...)

iktibar kisah genta rasa
1. WALAU SESUDAH KEMATIANNYA… Kami berbual tidak panjang. Hanya seketika dia menghabiskan catatan dalam buku harian kerjanya, mungkin. Dan saya menunggu giliran
(Selengkapnya...)

mylivesignature online personal signature maker
You don't have to register but we do recommend it for your own good. Why? Have all your signatures in one place; Gain access to our downloads and plugins for Free
(Selengkapnya...)


Tagged as: , , , , , ,